Selasa, 19 September 2017

Istilah Dalam Cryptocurrency - Altcoin Yang Sering Digunakan Dalam Forum


Cryptocurrency - Altcoin atau Alternatif Coin adalah coin-coin yang muncul setelah hadirnya bitcoin pada tahun 2009, apa itu bitcoin silahkan baca Bitcoin Itu Apa Sih, keberhasilan bitcoin menjadi salah satu penyebab banyak munculnya coin-coin baru dan untuk tahun 2017 ini entah berapa banyak coin-coin baru yang muncul terbukti dengan berjamurnya ICO.

Untuk beberapa Altcoin yang sudah ada, beberapa memiliki team developer atau komunitas yang kuat sehingga membuat altcoin tersebut menjadi stabil dan bahkan banyak yang sudah menjadi alternatif pembayaran juga, beberapa altcoin yang stabil dan solid team developernya adalah litecoin (LTC), blackcoin (BLK), dogecoin (DOGE), dashcoin (DASH sebelumnya bernama darkcoin), monero (XMR), ini beberapa altcoin yang menurut saya cukup stabil, awal kemunculannya harganya cukup baik, tapi seperti biasa ada banyak hal yang mempengaruhi harga dari altcoin tersebut.


Ada banyak istilah-istilah yang harus dipahami untuk bisa melihat apakah altcoin tersebut memiliki prospek yang bagus atau tidak, dan berikut istilah-istilah dalam altcoin atau bitcoin:

1. Mining
Adalah salah satu cara yang digunakan para developer untuk mendistribusikan altcoin yang akan diluncurkannya, untuk mining memerlukan alat-alat untuk menunjang mining itu sendiri. Mining juga dapat dilakukan dengan bantuan pihak lain atau lebih dikenal dengan Cloud Mining. Silahkan cari di google tentang mining.

2. Premine
Premine adalah kesempatan yang diberikan kepada publik untuk memiliki altcoin baru sebelum altcoin itu diluncurkan dan mulai untuk di perdagangkan di exchanger, untuk premine ada banyak cara yang dipakai developer altcoin tersebut.

3. Coin Supply
Jumlah coin yang tersedia atau yang dibuat oleh sang developer altcoin tersebut, jumlahnya bermacam-macam.

4. Developer
Adalah orang atau team yang menciptakan/membuat atau yang mengembangkan altcoin tersebut.

5. Wallet (Address)
Sama seperti wallet bitcoin fungsinya untuk menyimpan altcoin yang kita miliki.


6. POW
Singkatan dari Proof Of Work untuk artinya bisa cari di google.

7. POS
Singkatan dari Proof Of Stake artinya kita menyimpan altcoin di wallet yang tersedia dan membiarkannya online maka kita akan mendapatkan interest atau hampir sama seperti bunga.

8. ICOs/ITO
Singkatan dari Initial Coin Offerings/Initial Token Offering adalah developer memberikan kesempatan kepada publik untuk memiliki altcoin tersebut sebelum altcoin di pasarkan atau di perjual belikan ke exchanger caranya dengan membelinya langsung kepada developer yang membuat altcoin tersebut.

9. Giveaway/Airdrop
Sama dengan freecoin jadi altcoin yang akan diluncurkan di bagikan secara gratis kepada publik.

10. Exchanger
Sebuah website yang didalamnya ada market altcoin yang bisa dipakai publik untuk melakukan transaksi jual beli. Seperti Poloniex, VIP dan lainnya.

11. Escrow
Di Indonesia sama seperti Rekber (Rekening Bersama), adalah lembaga/orang ketiga yang dipercaya untuk menjadi perantara dalam sebuah transaksi online, lembaga/orang ketiga tersebut dipercaya untuk menyimpana dana dari publik yang akan membeli altcoin kepada developer/seseorang, sebelum altcoin tersebut di distribusikan kepada pihak yang membelinya. Escrow bisa untuk pembelian selain altcoin.

12. Algo/Algorithm
Adalah algoritma yang digunakan altcoin tersebut ada banyak jenis algo seperti, untuk algo akan ada postingan tersendiri.

Istilah-istilah ini perlu untuk diketahui supaya memahami akan dunia altcoin atau cryptocurrency dan sangat sering digunakan dalam forum-forum seperti bitcointalk.

*referensi dari http://www.top-crypto.net (silahkan di kunjungi)

Tidak ada komentar: